Wifi Lemot? Berikut Beberapa Informasi Mengenai Penguat Sinyal WiFi

Penguat Sinyal WiFi – Saat ini WiFi mampu dikatakan sebagai keperluan “nyaris primer” bagi umumnya orang. Terutama bagi kamu yang kesehariannya banyak berkutat dengan internet, jadi dari pekerja kantoran, orang-orang yang bermain saham, sampai mahasiswa atau sekadar siswa sekolah. WiFi seolah-olah sudah jadi anggota perlu dari internet. Mobilitas yang tinggi jadi alasan orang-orang jadi meninggalkan kabel dibandingkan WiFi. Selain itu ketersediaan WiFi akan memudahkan banyak orang untuk pakai layanan internet secara bersama-sama. Dengan kata lain WiFi bermakna efektif dan efisien.

Namun WiFi ternyata bukan barang yang sempurna, seringkali masalah-masalah yang ditemukan oleh pengguna WiFi berbentuk internet yang lambat, penerimaan sinyal WiFi yang buruk, atau justru kebolehan sinyal yang tidak merata di ruangan yang berbeda. Belum ulang kecepatan internet di Indonesia yang sebenarnya dari awal sudah lambat. Tapi sebenarnya banyak sekali langkah memperkuat sinyal WiFi yang mampu kamu lakukan. Ada lebih dari satu langkah yang kita sarankan dan mampu kamu lakukan sebagai penguat sinyal WiFi anda. Namun kita memperingatkan anda, apa pun yang kamu lakukan pada piranti lunak maupun piranti keras yang kamu punya, kita tidak bertanggung jawab atas segala rusaknya yang terjadi.

Gunakan Router Teknologi Terbaru

Penggunaan piranti keras terbaru merupakan solusi instan penguat sinyal WiFi. Hal utama yang wajib kamu ketahui berkenaan teknologi ini adalah: wireless style A, B, G, dan N, dan juga AC. A/B/G/N/AC melambangkan generasi dari masing-masing piranti WiFi. Biasanya dilambangkan sebagai IEEE 802.11a, IEEE 802.11b sampai IEEE 802.11ac. Jadi kecuali kamu penasaran dengan teknologi WiFi anda, silahkan kamu cek, kecuali kamu menemukan tulisan “ac” dari WiFi anda, percayalah bahwa WiFi kamu merupakan generasi termutakhir.

Jika kamu baru memasang router akhir-akhir ini, umumnya perusahaan-perusahaan penyedia piranti keras router sudah mengeluarkan versi terbarunya. Namun bagi kamu yang sudah memasang router sejak lama, maka silahkan beralih ke router generasi terbaru sebagai penguat sinyal WiFi.

Cari Posisi Router yang Pas

Kesalahan pengguna WiFi rumahan adalah menyembunyikan router WiFi karena dianggap punyai penampilan yang jelek dan mengganggu kecantikan tempat tinggal si pemiliknya. Padahal hal ini justru akan memperburuk kinerja router. Memindahkannya ke area yang terbuka mampu jadi merupakan langkah memperkuat sinyal WiFi yang mudah.

Anda mampu meletakkan router kamu di meja, di tempatkan di dinding, atau di tempatkan di langit-langit. Dengan catatan, yang terbaik adalah kamu meletakkan router pas di tengah-tengah tempat tinggal anda. Cara memperkuat sinyal WiFi yang lainnya adalah dengan memposisikan antenna router secara tegak lurus, diyakini hal ini merupakan salah satu metode penguat sinyal WiFi yang ampuh.

Cari Kanal yang Tepat

Bertetangga dengan orang yang punyai WiFi termasuk mampu jadi salah satu sumber persoalan WiFi. Hal ini karena bisa saja saja kamu dan tetangga kamu pakai kanal router yang sama. Akibatnya mutu sinyal router kamu akan menurun. Cara untuk mengatasi persoalan ini adalah dengan pakai tools yang sudah ada secara gratis andaikan inssider atau apps yang banyak ada di appstore maupun googleplay.

Setelah menemukan kanal yang kosong, silahkan memilih kanal tersebut, atau setidaknya pilihlah kanal yang sedikit penggunanya supaya masalah sinyal mampu diminimalisasi, sebagai salah satu langkah memperkuat sinyal WiFi anda.

Jauhkan Perangkat Lain yang Dapat Mengganggu Sinyal WiFi

Ada lebih dari satu perangkat lain yang diketahui mampu mengganggu sinyal WiFi anda. Beberapa peralatan selanjutnya andaikan telpon tanpa kabel, microwave, atau alat monitor bayi. Apapun yang berlangsung pada band 2,4GHz mampu mengganggu router 802.11g/n single band. Solusi dari persoalan ini adalah dengan pakai peralatan elektronik tempat tinggal tangga yang pakai saluran yang tidak serupa dengan router yang kamu miliki.

Lindungi WiFi dari si Pencuri Sinyal

Setelah lakukan beragam macam langkah memperkuat sinyal WiFi di atas, kamu masih merasakan buruknya performa WiFi anda? Kali ini kamu mampu berburuk sangka bahwa ada orang yang tengah repot mengambil sinyal WiFi anda. Lalu bagaimana caranya untuk menangkal hal tersebut? Kami menemukan banyak langkah yang mampu kamu lakukan untuk melawan si pencuri.

Cara pertama yang mampu kamu lakukan adalah dengan menyembunyikan sinyal WiFi kamu supaya orang asing tidak mampu melihat jaringan WiFi anda. Hanya saja Joshua Wright yang merupakan pakar keamanan WiFi mengatakan langkah ini bisa saja efektif untuk tetangga anda, tapi langkah ini jelek kala tetangga kamu merupakan seorang pakar teknologi.

Cara lain yang mampu kamu lakukan adalah

  1. Mengganti username dan password default administrator kecuali memungkinkan,
  2. Rubah SSID (atau nama jaringan nirkabel anda),
  3. Rubah mode keamanan jaringan nirkabel kamu jadi WPA2 dan
  4. Memilih password yang panjang dan sulit ditebak.

Keempat hal di atas menurut kita adalah metode termudah yang mampu kamu lakukan, meskipun kamu bukan seorang pakar teknologi, sebagai metode penguat sinyal WiFi.

Kontrol Bandwidth

Kontrol bandwith sebagai penguat sinyal WiFi merupakan salah satu langkah yang mampu kamu tempuh untuk mengatasi WiFi yang lemot. Hal ini umumnya berlangsung kecuali orang lain di rumah/kantor kamu sering pakai internet untuk bermain game online, chatting video, mengunduh torrent, atau memirsa video via Netflix atau layanan sejenisnya. Orang-orang ini umumnya akan menyedot bandwith supaya berakibat pada lemotnya jaringan.

Solusi untuk persoalan ini adalah dengan pakai QoS/Quality of Service untuk memilih prioritas aplikasi di atas aplikasi yang lain didalam sedot-menyedot bandwith. Dengan kata lain kamu membatasi penggunaan bandwith seenaknya sebagai langkah memperkuat sinyal WiFi anda.

Gunakan WiFi Repeater

Rumah kamu terlalu besar supaya sinyal WiFi sulit sampai ke kamar-kamar yang letaknya jauh dari sumber WiFi? Repeater merupakan salah satu solusi yang mampu kamu memilih untuk memperkuat sinyal WiFi anda. Repeater bekerja dengan langkah terima sinyal WiFi untuk dipancarkan ulang dengan lebih kuat. Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya dengan komitmen yang mirip adalah dengan langkah menghubungkan router yang satu dengan router yang lainnya via kabel Ethernet dan membawa dampak access point lain di tempat tinggal anda.

Gunakan Trik-Trik DIY

Kaleng minuman mudah sebagai WiFi extender? Mengapa tidak. Trik simpel ini mampu dengan mudah kamu temukan di internet, lebih-lebih di beragam macam website teknologi di luar negeri mengatakan secara gamblang berkenaan metode ini.

Reboot Router Secara Berkala

Router diketahui mampu punyai persoalan kecuali digunakan secara tetap menerus tanpa dimatikan. Oleh karena itu reboot router secara berkala merupakan salah satu solusi pada hal ini. Anda mampu lakukan hal ini secara manual, ataupun pakai lebih dari satu aplikasi seperti DD-WRT. Terutama kecuali kamu meletakkan router kamu di langit-langit, supaya menyulitkan untuk lakukan hal ini secara manual.