Kerajinan Dari Kaleng Bekas

Kebanyakan orang tentu beranggapan bahwa Kerajinan Dari Kaleng Bekas sekedar sampah yang tidak memiliki nilai menjual sama sekali. Alhasil, barang tak terpakai selanjutnya langsung dibuang di daerah sampah atau berserakan di gudang rumah.

Padahal, kalau senang berusaha dan sedikit menggunakan kekuatan kreativitas, barang bekas selanjutnya dapat menjadi barang punya nilai dan laku di masyarakat. Bahkan, tak sedikit bukti yang tunjukkan bahwa membuat Kerajinan Dari Kaleng Bekas dari barang tak terpakai dapat menjadi sumber rezeki yang menjanjikan.

Selain banyak ditemui, modal yang dibutuhkan untuk menekuni usaha kerajinan tangan dari barang bekas ini juga terlalu kecil. Namun, tergantung dari kekuatan kreativitas dan kualitasnya, produk kerajinan tangan dari ‘sampah’ selanjutnya dapat laku dengan harga yang mahal. Tak cuma itu, dengan menggeluti dunia usaha tersebut, pengrajin dari barang bekas juga ikut menopang Bumi untuk memiliki era depan yang lebih cerah.

Nah, dengan banyaknya faedah dan potensi keuntungan yang dapat didapatkan dari memproduksi barang bekas menjadi kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk coba terjun ke bidang usaha tersebut. Tak harus memulainya dari nol, selanjutnya adalah bocoran cara kreatif membuat kerajinan tangan menarik berbahan basic barang bekas.

Ide-Ide Kreatif Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

1. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Botol bekas menjadi salah satu model sampah yang terlalu banyak berserakan di lingkungan. Bahkan, botol menjadi model sampah yang barangkali jumlahnya paling banyak di dunia sementara ini. Oleh sebab itu, tidak susah untuk mencari botol bekas sebagai bahan basic pembuatan kerajinan tangan yang menarik.

Karena bahannya yang terbuat dari plastik dan memiliki banyak ukuran, botol menjadi barang bekas yang memadai populer untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan. Pasalnya, botol bekas enteng untuk dibentuk dan dikreasikan menjadi karya seni atau barang praktis punya nilai tinggi. Daripada penasaran, inilah tiga kerajinan tangan yang dapat diciptakan dari bahan botol bekas.

Melihat tanaman hias yang tertata apik di tempat tinggal memang dapat membuat penghuninya terasa betah. Namun, desain pot bunga yang terkesan monoton seringkali membuat taman menjadi tidak cukup menarik. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkreasikan pot bunga dengan menggunakan botol bekas.

Tak perlu modal banyak, membuat banyak pot bunga yang unik dari botol bekas dapat dikerjakan dengan modal tidak cukup dari 50 ribuan saja. Yang penting, pengrajin botol bekas harus memiliki cutter dan juga cat akrilik sehingga pot tanaman selanjutnya nampak lebih menarik.

Desain pot yang dapat dikreasikan juga beragam. Mulai dari wujud kepala hewan, gambar kartun, ataupun wujud menarik lainnya. Nah, tergantung dari seberapa menarik desain pot yang dibikin dari botol bekas, kerajinan tangan selanjutnya dapat dijual dengan harga terasa 5 ribu hingga 30 ribu Rupiah berbuahnya.

* Tempat Penyangga Charger Ponsel

Beberapa orang tentu dulu kebingungan sementara akan mencharge smartphone tetapi stop kontak yang ada terlalu tinggi. Alhasil, ponsel pun dapat menjadi lowbat dan tidak dapat digunakan untuk kepentingan yang barangkali saja penting.

Untuk menangani hal tersebut, ada solusi yaitu dengan membuat sendiri penyangga charger ponsel menggunakan botol bekas ini. Sama dengan cara pembuatan pot bunga, daerah penyangga ini cuma perlu alat berupa cutter dan juga cat akrilik yang perlu modal tidak cukup dari 50 ribu Rupiah saja.

Cara membuatnya pun memadai mudah, yaitu dengan memotong botol bekas cocok dengan ukuran smartphone yang diinginkan. Kemudian, bikin lubang cocok dengan ukuran dan wilayah lubang charger terhadap smartphone. Barulah daerah penyangga selanjutnya dihias dengan semenarik barangkali dan dijual dengan harga terasa dari 5 ribu hingga 20 ribu Rupiah per buahnya.

* Wadah untuk Alat Tulis Kantor

Selain untuk pot bunga dan daerah penyangga charger, botol bekas juga dapat dikreasikan menjadi wadah untuk alat tulis kantor atau ATK. Kebutuhan akan wadah tertentu untuk memasang alat tulis secara praktis ini tentu terlalu menopang pekerja kantoran yang sibuk. Dengan desain yang menarik, rasa lelah juga tidak akan rentan dirasakan.

Masih sama, alat yang dibutuhkan untuk membuat wadah ATK adalah cutter dan cat akrilik seharga 30 ribuan saja. Caranya pun mudah, yaitu dengan melubangi botol bekas terhadap bagian atas dan bawah dengan ukuran lubang yang bawah lebih besar. Kemudian, lapisi botol bekas selanjutnya dengan cat berwarna putih dan sesudah kering dapat dibikin gambar-gambar menarik cocok selera.

Pastinya, jadi bagus gambar terhadap wadah tersebut, jadi mahal pula harga jualnya. Bukan tidak barangkali satu kerajinan tangan selanjutnya dapat membuahkan untung berulang-kali lipat dengan harga menjual terasa dari 5 ribu hingga 15 ribuan saja.

2. Kerajinan Dari Kaleng Bekas

Tak cuma botol bekas, ternyata tutup botolnya saja juga dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang dapat dijual. Salah satu contoh kerajinan dari tutup botol adalah kalender yang estetik. Untuk dapat membuat kalender dari barang bekas ini dibutuhkan setidaknya 50 tutup botol, stik es krim, dan kaleng bekas.

Selain itu, magnet, lem atau double tape, cat air, dan juga spidol yang kesemuanya seharga tidak cukup dari 40 ribu juga dibutuhkan untuk mempercantik kalender dari barang bekas ini. Tidak ribet, hal pertama yang harus dikerjakan untuk membuat kalender ini adalah mewarnai tutup botol dengan cat air.

Setelah itu, tulis nomor 1 hingga 31, Senin hingga Minggu, dan juga Januari hingga Desember dengan spidol warna sehingga terlihat menarik. Kemudian, tempelkan tutup botol dengan angka 1, 8, 15, dan juga 22 ke batang es krim dan selanjutnya dengan kelipatan yang sama hingga terkandung tujuh batang es krim. Pasang magnet terhadap tiap-tiap stik es krim tersebut

Lakukan hal yang sama terhadap tutup botol dengan tulisan hari dan bulan dan susun tiap batang es krim tanggal dan hari cocok dengan kalender tahun yang dibuat. Sedangkan untuk yang bertuliskan bulan, susun salah satu batang es krim terhadap pinggir kaleng dan masukkan terhadap kaleng nama bulan yang tidak terpakai.

Pasang pula magnet terhadap permukaan kaleng sehingga magnet terhadap batang es krim dapat menempel. Terakhir, hias Kerajinan Dari Kaleng Bekas dan beri gambar andaikata harus sehingga kerajinan tangan selanjutnya memiliki harga menjual yang lebih tinggi. Bukan tidak barangkali hasil kerajinan tangan selanjutnya dapat laku terjual dengan harga hingga 80 ribu hingga 100 ribu Rupiah.

3. Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Sama halnya dengan botol bekas, kardus juga barang bekas yang memadai enteng ditemukan. Kebanyakan memang diloakkan untuk membuahkan Rupiah. Namun, ada kesempatan meraup untuk lebih besar kalau menyulap barang bekas selanjutnya sebagai karya menarik.

Salah satu yang unik adalah membuat tempat tinggal atau daerah bermain bagi kucing peliharaan. Hanya dengan modal kira-kira 40 ribu untuk belanja jarum pentul dan selotip, dan juga kardus dan baju bekas, dambaan memberikan taman bermain kucing ala-ala bukan menjadi isapan jempol belaka.

Cukup gampang, tempat tinggal kucing dari kardus dapat dibikin dengan merekatkan segi kardus yang tertutup menjadi satu menggunakan selotip. Kemudian, menggunakan baju bekas sebagai penutup segi kardus yang terbuka dan menjadi pintu masuk pagi kucing. Rekatkan bagian baju yang menempel kardus dengan jarum pentul dan rapikan bagian baju yang mencuat nampak sehingga kucing dapat masuk dengan mudah.

Meski kebanyakan tempat tinggal kucing dari kardus bekas ini cuma untuk peliharaan sendiri, bukan berarti tidak memiliki potensi untuk dijual. Karena kalau tempat tinggal kucing hasil kerajinan tangan dari kardus dapat dibikin dengan menarik, harga jualnya juga akan capai ratusan ribu Rupiah. Jadi, memadai menguntungkan, bukan?

4. Kerajinan Tangan dari Sedotan

Sedotan juga menjadi barang bekas yang banyak berserakan dan dibuang begitu saja sesudah dipakai. Jumlahnya yang banyak dan juga enteng untuk diolah membuat sedotan bekas menjadi salah satu bahan populer untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan dan laku di pasaran.

Dengan menggunakan sedotan bekas, Anda dapat membuat bunga plastik yang nampak berwarna seperti kembang api. Cuma perlu modal tidak cukup dari 5 ribu untuk belanja kertas krep dan isikan lem tembak, kerajinan tangan selanjutnya dapat dijual dengan harga paling tidak mahal 10 ribu Rupiah.

Cara pembuatannya pun sederhana, yaitu dengan menyayat salah satu ujung sedotan sehingga berupa runcing. Gulung dan rekatkan ujung sedotan selanjutnya menggunakan lidi dan jadikan lidi selanjutnya sebagai tangkai yang menyerupai bunga mawar. Agar penampilan bunga lebih menarik dan realistis, bikin juga dedaunan kecil menggunakan sedotan berwarna hijau.

Ulangi cara diatas hingga sedotan menyerupai rangkaian atau apalagi buket bunga. Tergantung dari banyaknya bunga dan kreativitas yang dimiliki, kerajinan tangan dari sedotan bekas selanjutnya tentu dapat laku terjual dengan harga yang lebih tinggi. Jadi, maksimalkan kekuatan kreativitas yang dimiliki.

Modal Kecil Untung Besar dengan Mengkreasikan Barang Bekas Jadi Kerajinan Tangan

Banyaknya barang bekas yang dapat didapatkan secara cuma-cuma membuat usaha kerajinan dari barang selanjutnya memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Asalkan memiliki kreativitas yang mumpuni, siapa saja tentu dapat meraup pundi-pundi Rupiah berlimbah dari menggeluti usaha tersebut. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja cobalah menekuni usaha membuat kerajinan tangan dari barang bekas seperti contoh di atas.