Berikut Adalah Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing – Cloud Computing (dalam bhs Indonesia disebut komputasi awan) adalah proses pengolahan daya komputasi (baik CPU, RAM, Network Speeds, Software, OS maupun Storage) melalui jaringan (biasanya melalui internet). Jadi transfer data yang terjadi bukan secara fisik dan sumber daya komputasi yang dimiliki berada di lokasi pengguna yang memakai layanannya.

Manfaat Cloud Computing

Dengan peningkatan jumlah penggunaan computer dan para pengguna seluler, penyimpanan data/data storage udah jadi prioritas di hampir segala bidang bisnis. Bisnis skala besar ataupun skala kecil sementara ini amat berkembang dengan data sebagai pusatnya. Mereka biasanya menghabiskan sejumlah besar uang demi mempertahankan data yang berharga tersebut.

Itulah mengapa amat diperlukan perlindungan IT yang kuat dengan pusat penyimpanan yang berperfoma tinggi. Tidak seluruh bisnis dapat membayar cost tinggi infrastruktur IT berjenis in-house. Jadi bagi mereka, Cloud Computing ini jadi solusi yang bagus karena lebih murah. Mungkin juga tersedia pertimbangan lain dari perusahaan semacam efisiensi di dalam menyimpan data, perhitungan, dan cost pemeliharaan yang lebih sedikit (hal ini dapat kita bahas di bagian penjelasan berikutnya).

Komputasi awan sebenarnya jadi turunkan keinginan hardware dan software dari segi si pengguna. Satu-satunya perihal yang mesti dapat dijalankan/dilakuka oleh si pengguna adalah software interface dari proses komputasi awan, yang dapat jadi sesederhana saja semacam browser web. Ini tentu saja dapat menunjang mengurangi pekerjaan pengguna dengan adanya teknonologi jaringan Cloud yang tanggap dan otomatis selesaikan masalah-masalah IT lainnya.

Bila Anda bukan dari pihak korporat/pebisnis, Anda juga sebenarnya udah mengfungsikan teknologi komputasi awan. Anda kemungkinan tidak sadar, beberapa sarana cloud terkenal yang udah banyak digunakan semacam e-mail tools GMail, Hotmail atau Yahoo bahkan udah di dukung teknologi ini.

Saat mengakses/memakai sarana email, data Anda dapat disimpan di server cloud, bukan di computer Anda. Teknologi dan infrastruktur di belakang cloud sebenarnya tidak tampak. Jadi, tidak perlu lagi apakah sarana cloud didasarkan terhadap HTTP, XML, Ruby, PHP atau teknologi tertentu lainnya sejauh itu masih user-friendly dan juga fungsional tentunya. Anda sebagai pengguna dapat membuka ke proses cloud dari perangkat teristimewa Anda sendiri semacam laptop, atau ponsel.

Komputasi awan juga sebenarnya mengfungsikan bisnis kecil secara efisien dengan sumber daya yang terbatas. Teknologi atau sarana ini dapat kasih akses ke bisnis kecil menengah untuk teknologi yang pada mulanya berada di luar jangkauan mereka. Cloud computing kini banyak sekali menunjang bisnis kecil untuk membuat perubahan cost pengeluaran mereka jadi jadi untung.

Struktur Cloud Computing

Cloud computing terdiri dari dua komponen yaitu Front End dan juga Back End. Front End terdiri dari klien Cloud Computing system-nya. Lalu dibagi lagi jadi dua yaitu interface dan aplikasi yang diperlukan di dalam membuka platform cloud computing-nya.

Sementara Back End mengacu ke cloud itu sendiri, yaitu yang terdiri dari sumber daya. Sumber daya berikut diperlukan bagi sarana komputasi awan. Layanannya apa saja? Ada bermacam sarana yang di sediakan teknologi komputasi awan yaitu virtual machine, server, data storage, security mechanism, dan lain sebagainya. Jadi, seluruh sarana itu berada di bawah kendali si provider/penyedia komputasi awan.

Cloud computing dapat mendistribusikan proses file yang lantas disebar ke banyak hard disk maupun mesin. Datanya tidak dulu disimpan di satu tempat saja. Selain itu, kecuali satu unit gagal bekerja atau memproses, maka yang lain dapat mengambil alih alih secara otomatis. Inilah canggihnya teknologi Cloud. Ruang disk pengguna dapat dialokasikan ke proses file yang terdistribusi, sementara komponen perlu lainnya semacam algoritma dimanfaatan buat alokasi sumber daya. Intinya, teknologi komputasi awan ini merupakan proses distribusi yang kuat dan amat terkait ke algoritma yang kuat pula.

Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing

Tentunya dengan menggunakan teknologi Cloud Computing, ternyata ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing:

Kelebihan Cloud Computing

Sebenarnya, berlebihan utama dari teknologi satu ini adalah potensi penghematan biaya. Maka dari itu tersedia banyak sekali perusahaan-perusahaan baik dari yang skala bisnisnya kecil hingga besar memakai jasa cloud ini. Komputasi awan ini juga dapat berikan kebebasan bagi penggunanya untuk dapat memakai sarana cocok keperluan masing-masing dan membayar cocok penggunaan yang ada, jadinya lebih fleksibel. Tanpa menghabiskan banyak sumber daya internal, Anda dapat menjalankan operasi IT dengan baik.

Untuk paham berlebihan teknologi cloud ini, silahkan baca poin-poin berikut:

  • Menurunkan cost infrastruktur IT (komputer,dll) bagi penggunanya
  • Meningkatkan kinerja atau performa kerja
  • Menurunkan resiko perawatan yang sering dan mahal karena jarang tersedia masalah
  • Mendapatkan pembaruan instan terhadap software yang ada
  • Meningkatkan kompatibilitas antar proses operasi yang dipakai
  • Menyediakan cadangan/backup dan juga pemulihannya
  • Meningkatkan skalabilitas
  • Meningkatkan kapasitas penyimpanan/storage
  • Meningkatkan keamanan data

Berikut Adalah Kelebihan Cloud Computing

1. Mudah Diakses
Data terpusat terhadap server sehingga pengguna dapat membuka kapanpun dan dimanapun asalkan membuka dengan internet.

2. Murah
Cloud computing tergolong hemat karena tidak memerlukan hardware khusus. Selain itu cloud computing juga tidak memerlukan maintanance.

3. Ramah Lingkungan
Teknologi cloud computing tidak memerlukan banyak perangkat keras sehingga dapat menghemat tempat. Disisi lain cloud computing dapat meminimalisir penggunaan listrik, tentu saja dapat berdampak positif terhadap lingkungan.

4. Fleksibel
Dapat lakukan self-provisioning. Self-Provisioning adalah fitur cloud computing yang berguna mengimbuhkan kapasitas penyimpanan data secara otomatis di dalam sementara singkat. Dengan adanya fitur ini perusahaan tidak mesti mengimbuhkan jumlah komputer.

5. Menciptakan lapangan kerja baru
Application developer dan praktisi yang bergerak di bidang IT dapat membuka jasa pengembangan teknologi cloud computing.

6. Penggunaan
Karena hanya mengfungsikan internet, penggunaan layananan perusahaan mengalami peningkatan yang signifikan.

7. Bagi pengguna (User)
User tidak merisaukan rusaknya atau trouble. Karena sepenuhnya diatasi oleh pihak perusahaan, atau jasa praktisi yang udah disewa.

8. Bagi Perusahaan
Aplikasi atau sarana yang dimiliki terdistribusi dengan baik. Lebih efisien digunakan terhadap era moderen seperti saat ini ini.

9. Bagi Pebisnis di bidang infrastruktur
Penggunaan bandwidth internet meningkat karena seluruh kesibukan cloud computing mengfungsikan koneksi internet. Sehingga menciptakan peluang besar bagi pelaku bisnis yang sediakan koneksi internet.

Kekurangan Cloud Computing

1. Tergantung Pada koneksi Internet
Internet memiliki peran perlu atas berlangsungnya kerja cloud computing. Apabila koneksi internet mati maka cloud computing tidak dapat dijalankan.

2. Data rawan hilang
Kurang safe karena data pengguna (user) di letakkan terhadap hosting yang digunakan bersama dengan pengguna lainya. Sehingga data enteng diretas oleh hacker.

3. Kurangnya pemahaman user
Banyak sekali yang belum paham teknologi ini karena minimnya pelatihan atau seminar IT yang membahas cloud computing.

4. Sistem Backup buruk
Ketika data pengguna hilang, kemungkinan data berikut lagi amat kecil. Bahkan data yang hilang tidak dapat kembali.

Itu dia beberapa informasi mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing, semoga artikel ini dapat membantu anda.