Begini Cara Mempercepat Koneksi Wifi

cara mempercepat koneksi wifi – Di masa sekarang, teknologi nirkabel yang dikenal bersama dengan nama wireless fidelity (Wi-Fi) sudah menjadi salah satu keperluan utama masyarakat dunia untuk konsisten produktif dan terhubung bersama dengan internet.

Kamu dapat studi atau bekerja di mana dan kapan saja, tinggal butuh koneksi internet bersama dengan WiFi. Namun, seringkali koneksi internet tidak berjalan lancar, supaya sebabkan kesal dan jengkel. Hal ini terhitung menjadi mencegah pekerjaan maupun tugas sehari-hari.

Untuk menghindari perihal tersebut, kamu dapat lakukan lebih dari satu langkah enteng yang efektif menanggulangi internet lemot terhadap laptop maupun personal computer (PC) desktop.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan PC

Untuk mempercepat koneksi wifi di perangkat computer milikmu, sangat enteng dilakukan. Kamu cuma wajib lakukan langkah enteng dan perangkat penting sebagai pendukung, atau bahkan cuma pengaturan di dalam laptop atau PC saja.

Untuk membantumu memelihara produktivitas bersama dengan internet lancar, simak langkah dan langkah selengkapnya berikut ini.

1. Lakukan Network Reset & Flushing DNS

Flush DNS digunakan untuk mereset cache DNS client (komputer) yang tengah digunakan untuk mengatur informasi dari pergantian yang berjalan terhadap suatu domain, name server, DNS bersama dengan data baru.

Jika kamu melakukannya, kebanyakan akan menanggulangi kasus koneksi internet yang tidak stabil.

Cara reset network dan langkah flushing DNS:

Buka Command Prompt bersama dengan klik kanan, dan memilih Run As Administrator.
Ketikkan ipconfig /flushdns lantas pencet Enter terhadap keyboard.
Setelah selesai, ketikkan ipconfig /renew lantas Enter.
Tutuplah Command Prompt dan cobalah terhubung internet.

2. Pilih Tempat bersama dengan Sinyal WiFi Kuat

Salah satu perihal penting sebagai langkah mempercepat koneksi WiFi adalah menegaskan computer kamu mendapatkan tanda yang optimal. Lokasi WiFi merupakan salah satu perihal krusial yang menjadi faktor penentu.

Pastikan untuk mempertimbangkan hal-hal berikut untuk tanda WiFi yang lebih baik:

Hindari menempatkan router di tempat yang terhalang tembok atau besi.
Kamu dapat pakai repeater, alat yang berfungsi untuk menangkap tanda WiFi dan memancarkannya kembali, sebagai salah satu langkah mempercepat koneksi WiFi. Tempatkan terhadap tempat yang minim tanda WiFi.
Jauhi peralatan-peralatan yang pakai Bluetooth atau microwave baik dari router maupun komputer. Sinyal peralatan-peralatan berikut akan menganggu kinerja tanda WiFi.

3. Ubah Pengaturan QoS

Bagi pengguna computer atau laptop bersama dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, Windows secara default mengalokasikan 20% bandwidth untuk keperluan Windows Update, dan 80% bandwidth yang tersedia untuk internet kamu.

Sehingga salah satu langkah mempercepat koneksi WiFi yang dapat kamu cobalah adalah mengatur penuh lebar pita untuk internet kamu.

Caranya, yakni sebagai berikut:

Klik Start > Run > ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).
Klik menuju Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.
Klik Network kemudian QoS Packet Scheduler.
Klik dua kali (double click) terhadap Limit Reservable Bandwidth.
Klik menu Enable. Setelah itu isi nilai 0 terhadap bandwidth limit.
Klik Apply.
Restart komputer.

4. Atur IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara tingkatkan koneksi WiFi lainnya adalah bersama dengan mengatur IRPStackSize lebih tinggi. Jika kamu tingkatkan nilai ini, maka kamu akan dapat mendapatkan kecepatan Internet yang lebih optimal. Secara default, nilai IRPStackSize ini adalah 15, padahal nilai ini dapat ditambah sampai 50.

Untuk itu, kamu wajib mengganti pengaturan tersebut, caranya sebagai berikut:

Klik Start > Run > ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) untuk terhubung Registry Editor.
Klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
Di folder Parameter tersebut, klik kanan terhadap file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50.
Jika file berikut tidak ditemukan, buat file DWORD baru bersama dengan klik kanan, New, DWORD Value. Buat bersama dengan nama “IRPStackSize” dan Value nya 50.
Klik OK, dan tutup Registry Editor.
Restart komputer.

5. Pilih Kanal bersama dengan Penggunaan Terendah

Salah satu kasus yang terhitung kerap di jumpai tentang lambatnya koneksi WiFi adalah kesalahan pemilihan “kanal”. Sinyal WiFi berjalan lewat kanal-kanal yang tersedia di area terbuka.

Jika terhadap suatu kanal tersedia beragam macam tanda yang berjalan, tanda akan menjadi tumpang tindih dan dapat mengganggu satu sama lain.

Pada pada akhirnya akan berjalan data loss dan tanda wajib di rebroadcast, yang akan berujung terhadap penurunan kecepatan internet kamu.

6. Gunakan Software untuk Analisis WiFi

Kamu dapat pakai software WiFi Analyzer gratis layaknya free inSSIDer utility untuk lihat kanal mana bersama dengan penggunaan paling banyak.

Setelah kamu menyadari kanal mana yang dapat kamu gunakan, kamu dapat mengatur kanal terhadap pengaturan router yang kamu gunakan.

7. Cek Posisi Antena Router

Posisi antena router dapat memilih kecepatan koneksi internet lho, Toppers. Untuk itu, sebisa kemungkinan pastikan antena router dalam suasana berdiri. Karena terhadap posisi ini, router dapat lebih efektif dalam pancarkan tanda internet ke beragam perangkat yang kamu gunakan.

8. Periksa Kecepatan Internet

Saat koneksi internet WiFi lemot, kamu wajib ketahui apa masalahnya. Salah satunya, yakni bersama dengan mengecek kecepatan internet WiFi kamu.

Jika koneksi internet kamu terhalang namun sama sekali tak mendapatkan kasus terhadap rotuer, kemungkinan besar internet lemot adalah dari penyedia fasilitas internet itu sendiri.

9. Periksa Kekuatan Sinyal WiFi

Selain kecepatan internet, kamu terhitung wajib periksa seberapa kuat tanda yang dipancarkan oleh router WiFi kamu.

Untuk memeriksanya, kamu dapat pakai aplikasi khusus untuk cek keuatan tanda WiFi, layaknya NetSpot, Wireshark, Amped, Cloudcheck, dan lainnya.

Pastikan tanda WiFi berada di kisaran -60 decibel-milliwatts (dBm) sampai lebih -50 dBm atau di atasnya. Jika di bawah -70 dBm, tanda yang dipancarkan sangat lemah dan tak dapat mengimbuhkan koneksi internet yang baik.

10. Gunakan Router Berkualitas

Jika seluruh langkah di atas sudah kamu lakukan satu per satu namun senantiasa gagal, kemungkinan besar akar masalahnya tersedia terhadap router itu sendiri. Mungkin usia router milikmu sudah cukup lama atau sudah mengalami rusaknya sampai performanya menurun. Bisa menjadi terhitung kamu pakai perangkat kelas low-end.

Untuk itu, pastikan router kamu mempunyai kualitas yang bagus. Dan, jikalau tidak, mengeluarkan sedikit uang untuk belanja router baru bersama dengan kualitas yang lebih baik akan sangat mendukung kamu dalam menegaskan tanda internet di rumah senantiasa lancar dan cepat.

Itulah tadi beberapa sistem mempercepat koneksi WiFi yang dapat kau coba dengan mudah Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara mempercepat koneksi wifi , anda bisa mengunjungi website NetData.