Cara Membuat Bungkus Ketupat

cara membuat bungkus ketupat – Ketupat identik bersama hari raya Idul Fitri atau lebaran. Ketupat yang tersaji di meja makan bersama menu makanan khas lebaran yang lainnya menjadi perihal yang menyebabkan rindu. Teksturnya yang lembut bersama aroma yang khas, disantap bersama bersama menu pribadi lebaran tentu dapat merasa begitu nikmat. Biasanya ketupat itu sendiri disajikan bersama opor ayam atau semur daging.

Di hari yang spesial, kamu tentu ingin menyajikan menu ketupat yang bagus dan spesial. Ketupat yang bagus atau dapat dikatakan kamu berhasil menyebabkan ketupat jika tampilannya padat dan berisi. Ketika ketupat dibelah dapat terlihat putih dan padat bersih bersama teksturnya yang kenyal dan lembut.

Tidak sedikit orang gagal dalam menyebabkan ketupat, entah sebab beras yang diisikan tidak cukup banyak atau amat banyak. Agar ketupat yang kamu buat hasilnya bagus, penting paham tips menyebabkan ketupat yang baik dan benar. Selain proses memasak ketupat, bungkus ketupat yang kamu memakai harus diperhatikan. Jika kamu memakai bungkus ketupat yang bagus, ketupat yang dihasilkan pun dapat bagus.

Cara Membuat Bungkus Ketupat

Tanpa kehadiran ketupat di hari raya dapat merasa tersedia yang kurang. Oleh sebab itu, sehari atau dua hari menjelang lebaran umumnya banyak orang membeli bungkus ketupat di pasar. Menjelang lebaran sesungguhnya banyak pedagang bungkus ketupat, namun tidak tersedia salahnya kamu studi menyebabkan sendiri bungkus ketupat. Sehingga untuk lebaran selanjutnya kamu dapat menyebabkan bungkus ketupat sendiri. Namun, sebelum paham langkah menyebabkan bungkus ketupat, ketahui lebih-lebih dahulu peristiwa ketupat sampai identik bersama hari raya Idul Fitri.

Sejarah Ketupat

Hampir tiap-tiap tempat tinggal pas perayaan Idul Fitri menyajikan ketupat. Ketupat menjadi menu harus pas Idul Fitri dan umumnya disajikan bersama opor atau menu yang lainnya. Lantas mengapa ketupat identik bersama hari raya Idul Fitri?

Tradisi menyajikan ketupat pas perayaan lebaran dikenalkan pertama kalinya pada masa Sunan Kalijaga. Saat itu Sunan Kalijaga mengenalkan bakda lebaran, serta bakda kupat kepada masyarakat. Bakda kupat itu sendiri dilaksanakan satu minggu setelah umat Islam menjalankan puasa sunah pada  bulan Syawal.

Dalam filosofi Jawa, ketupat itu sendiri punya arti khusus. Ketupat atau disebut terhitung sebagai kupat merupakan singkatan dari ‘Ngaku Lepat”, bermakna yaitu minta maaf atau mengaku salah. Hal ini pastinya sejalan bersama lebaran yang menjadi moment untuk mengakui kesalahan dan saling memaafkan bersama tulus.

Sedangkan kulit atau bungkus ketupat yang terbuat dari janur bersama pola anyaman, secara simbolis punya arti sebagai kerumitan kesalahan yang telah diperbuat. Daun kelapa muda yang  bisa bersama ringan dibentuk, lentur dan kondisinya baik menggambarkan cii-ciri manusia yang dapat dibentuk, diarahkan, serta dididik sehingga kehidupannya indah.

Sunan kalijaga memperkenalkan arti simbolis ketupat ini pada penduduk dalam menyebarkan Islam. Dimana kebiasaan ini sampai sekarang masih tetap dipertahankan.

Cara Membuat Bungkus Ketupat

Saat lebaran, pada umumnya bungkus ketupat yang digunakan untuk menyebabkan ketupat bentuknya kotak. Nah, kamu dapat menyebabkan bungkus ketupat wujud kotak di tempat tinggal bersama memperhatikan tutorial di bawah ini yang dilengkapi bersama gambar dan video untuk memudahkan anda.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Daun kelapa muda atau janur secukupnya

Gunting

Cara Membuat Bungkus Ketupat dari Daun Kelapa

1. Pertama-tama, silakan ambil daun kelapa muda yang telah kamu siapkan dan bersihkan sebelumnya. Kemudian lipat daun menjadi dua bagian. Gunting sedikit daun di bagian sisinya atau pas di tepi tulang daun, lalu buang tulang daunnya. Setelah itu, ambil keliru satu daun kelapa dan gulungkan tiga kali pada 4 jari tangan kamu layaknya gambar di atas bersama bagian pangkal di bagian atas.

2. Selanjutnya, ambil daun kelapa muda yang satunya lagi. Lalu gulungkan pada tangan kamu yang lainnya layaknya langkah sebelumnya. Namun bagian pangkal berada di bawah.

3. Silangkan ke-2 daun kelapa yang telah kamu gulungkan tadi namun posisinya tetap menggulung layaknya gambar di atas.

4. Silangkan kembali sisa daun kelapa yang masih menggulung pada tangan anda. Begitu seterusnya sampai membentuk layaknya gambar di atas.

5. Ambil ujung daun kelapa bagian atas, anyam ke arah bawah layaknya gambar di atas.

6. Anyam kembali ujung daun kelapa tadi ke bagian samping bawah layaknya gambar di atas.

7. Ambil pangkal daun kelapa bagian bawah dan anyam ke atas.

8. Anyam ujung daun kelapa bagian atas ke samping. Lalu lanjutnya anyam ke arah bawah.

9. Pangkal daun kelapa bagian atas dianyam ke samping sampai berjumpa bersama pangkal daun kelapa yang satunya.

10. Terakhir kamu dapat merapihkannya. A

Cara Membuat Ketupat Bentuk Ikan Bandeng

Ingin menyebabkan kreasi bungkus ketupat sehingga sajian ketupat yang disajikan lebih spesial? Anda dapat coba menyebabkan ketupat wujud ikan bandeng.

Berikut langkah menyebabkan ketupat wujud ikan bandeng

Bahan dan Alat yang Diperlukan

6 helai daun kelapa muda atau janur

Pisau kecil

Cara Membuat Ketupat

1. Pertama silakan ambil satu buah daun kelapa muda dan lipat layaknya gambar di atas.

2. Kemudian ambil satu kembali daun kelapa muda dan lipat bersama wujud yang serupa layaknya sebelumnya. Lalu tumpuk bersama daun kelapa yang pertama, caranya bersama memasukan ujung daun kelapa ke dalam lubang daun kelapa pertama.

3. Selanjutnya, wujud kembali dua helai daun kelapa layaknya langkah di awalnya dan tumpuk kembali bersama langkah yang sama. Anda kini punya dua gunakan daun kelapa.

4. Setelah itu, balik keliru satu daun kelapa dan tangkupkan di atasnya layaknya gambar di atas.

5. Selanjutnya masukan keliru satu ujung daun kelapa yang ditangkupkan tadi ke dalam lubang atas bagian daun kelapa yang lainnya. Sedangkan untuk ujung daun kelapa yang lainnya dimasukan ke lubang bagian bawah, namun posisinya sejajar, tidak bertumpuk. Lakukan langkah yang serupa untuk dua ujung daun kelapa di pinggirnya.

6. Balik anyaman ketupat dan lakukan langkah yang serupa layaknya langkah sebelumnya. Jika telah kamu dapat merapikan anyaman ketupat sampai bagian ujung-ujungnya serupa panjang.

7. Apabila ujung-ujungnya telah serupa panjang, silakan membuka bagian tengah ketupat agak lebar. Ambil satu helai daun kelapa yang tersisa dan anyam selang seling di bagian tengah tadi. Ambil kembali daun kelapa yang satunya dan anyam selang seling, sampai berjumpa bersama segi yang lainnya. Kemudian kamu dapat merapikannya sampai tidak tersedia celah.

8. Selanjutnya menyebabkan bagian kepala. Potong daun kelapa di keliru satu segi sehingga tidak amat panjang. Potong kembali keliru satu daun kelapa dan masukan ke dalam celah anyaman. Lalu tutup bersama bagian daun kelapa yang lainnya dan masukan kembali ke celah anyaman.

9. Untuk bagian yang lainnya masukan kembali ke celah anyaman.

10. Untuk bagian ekornya, rapikan janur sampai sejajar. Sobek bagian janur layaknya gambar di Lalu masukan janur bagian depan ke dalam janur yang telah disobek tadi.

11. Setelah itu, bagian atas dilipat ke arah bawah, dan bagian bawah dilipat mengarah ke atas.

12. Kemudian potong janur ekor sehingga tidak amat panjang. Lalu ikat sehingga tidak terlepas.

13. Potong bagian sirip ikan. Robek daun kelapa dipinggir. Lalu masukan janur untuk sirip ke dalamnya. Nah, ketupat ikan telah selesai dibuat.

Cara Membuat Ketupat Tanduk

Cara menyebabkan ketupat tanduk bersama memakai daun kelapa memadai ringan diikuti.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

2 helai daun kelapa muda atau janur

Cara Membuat Ketupat Tanduk

1. Pertama, ikat bagian ujung daun kelapa layaknya gambar di atas.

2. Kemudian ikat bagian bawahnya. Tekan bersama memakai jari sehingga tidak terlepas dan wujud layaknya gambar di atas.

3. Lakukan langkah yang serupa untuk bagian segi yang lainnya.

4. Ambil bagian ujung janur dan masukan ke dalam lubang. Lakukan langkah yang serupa untuk bagian segi yang lainnya.

5. Jika sudah, kamu dapat menarik bagian ujungnya sampai membentuk basic ketupat tanduk.

6. Pegang bagian belakang wujud anyaman, lalu ujungnya dibentuk layaknya gambar di atas.

7. Lalu masukan ujung ketupat ke bagian tengah. Lakukan langkah yang serupa untuk bagian segi yang lainnya.

8. Masukan janur ke bagian segi yang berlubang. Lakukan langkah yang serupa untuk bagian segi yang lainnya.

9. Lipat kembali daun kelapa dan ujungnya dianyam bersama daun kelapa yang telah dibentuk. Lakukan kembali langkah yang yang serupa dan anyam bersama daun kelapa yang telah dibentuk. Bagian ujungnya di masukan ke dalam lubang di tepi atau sudut sisi. Kemudian kamu dapat merapikannya.

10. Lepas ikatan daun kelapa dan kamu dapat langsung merapikannya.

11. Potong bagian ujungnya yang masih panjang. Lalu masukan ke dalam celah wujud anyaman. Terakhir, rapikan ketupat tersebut.