Cara Blokir Youtube Di Mikrotik Untuk Membatasi Access User

Cara Blokir Youtube Di Mikrotik – Seperti yang Anda ketahui, YouTube dewasa ini sudah banyak dijadikan platform utama dalam mencari hiburan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun kerap menikmati beragam video di situs milik Google tersebut.

Yang menjadi masalah adalah Anda bakal kesulitan melindungi netizen di bawah umur itu dari serbuan konten dewasa, baik itu yang berbau kekerasan maupun pornografi. Sejauh ini, ada beberapa alternatif yang bisa Anda pakai; salah satunya dengan memblokir kanal yang Anda curigai.

Memblokir situs menggunakan mikrotik bertujuan untuk mampu membatasi Access User ke situs situs tertentu serta dapat memahami cara memblokir suatu situs pada Mikrotik. Satu tehnik yang diterapkan seorang admin jaringan didalam lingkungan kantor, untuk halangi akses ke web / web tertentu. Admin di tuntut untuk me definisikan sebuah beberapa syarat paket knowledge ke mikrotik routerOS, bahwa paket knowledge selanjutnya adalah sebuah lalu lintas ke web / web yang tidak boleh di akses. Tentunya jangan sampai lupa password mikrotik anda untuk melakukan pemblokiran situs ini.

Tehnik Setting MikroTik yang digunakan :

  • Address List Berdasarkan Nama Domain
  • Menggunakan Layer 7 Filtering
  • Memanfaatkan Web Proxy
  • Menggunakan Static DNS MikroTik.

Setting IP address PC dan Router

  1. Buka aplikasi winbox pada PC .
  2. Setting IP address router yang terhubung PC terlebih dahulu bersama dengan memilih IP >> Address. Tambahkan IP address router tiap tiap PC sesuai bersama dengan topologi
    Setting IP address pada tiap tiap PC di Local Area Connection .
  3. Masukkan IP address secara automatically.
  4. Setting DHCP Server
  5. Kik menu IP >> DHCP Server. Nanti akan nampak jendela DHCP server, kemudian klik DHCP Setup.
  6. Selanjutnya melaksanakan penentuan interface mana yang akan mobilisasi DHCP server. Interface yang terhubung ke jaringan local, yaitu “ether2”. Kemudian klik next.
  7. Isi network ID berasal dari IP address jaringan local. Secara default akan terisi menyesuaikan IP address yang digunakan. Klik next.
  8. Isi IP address yang nantinya akan menjadi default gateway pada sisi klien. Secara default akan terisi IP address yang digunakan mikrotik. Klik next.
  9. Kemudian menentukan range IP address yang sanggup digunakan oleh klien nantinya. Secara default akan terisi meyesuaikan jumlah host valid berasal dari IP address yang digunakan.
  10. Lakukan setting IP DNS, dimana nantinya akan menjadi DNS yang digunakan oleh klien. Dalam hal ini digunakan 2 DNS yaitu : DNS 8.8.8.8 dan DNS 8.8.4.4. Jika udah klik next.
  11. Selanjutnya,tentukan berapa lama selagi peminjaman IP address yang boleh dijalankan oleh tiap tiap klien. Secara otomatis udah terisi. Dalam hal ini sanggup disesuaikan bersama dengan keinginan. Jika udah klik next.
  12. “Setup has completed successfully”. Klik OK saja. Ini adalah pesan yang menandakan bahwa setting DHCP server udah berhasil. Dan pada table DHCP server terhitung akan nampak secara otomatis informasi berkenaan DHCP server yang baru dibuat tadi.

Setting DHCP Client

Setelah setting DHCP Server, seterusnya dijalankan setting DHCP Client. Setting DHCP client dijalankan pada PC .

  1. Hubungkan kabel ethernet 4 router ke ISP.
  2. Pada winbox, membuka menu IP >> DHCP Client.
  3. Pilih interface sebagai client yaitu “ether 4”. Kemudian klik OK.

Setting NAT

  1. Pada menu firewall, memilih menu NAT. Kemudian klik “+”.
  2. Pada menu general, memilih outgoing interface “ether 4” sebagai via yang terhubung ke internet.
  3. Pilih menu action, kemudian memilih action “Masquerade”.
  4. Klik OK. Dapat dilihat bahwa setting NAT udah selesai

Memblokir Situs

  1. Dalam hal Cara Blokir Youtube Di Mikrotik situs yang akan di block merupakan web : www.youtube.com . Berikut cara block situs
  2. Cek terlebih dahulu web “youtube.com” sanggup dibuka apa tidak.
  3. Bisa terhitung menggunakan cmd bersama dengan cara mengeping ke domain webnya, kecuali reply maka web sanggup di access.Selanjutnya melaksanakan pemblokiran pada web (youtube.com) tersebut. Masuk ke menu IP>> Firewall>>Layer 7 Protocols. Pilih sinyal “+” , kemudian isilah youtube.com sebagai web yang akan di block. Anda sanggup memasukan Regexp di bawah ini :

    ^.+(youtube).*$|o-o.preferred.pttelkom- |a.youtube.com|b.youtube.com|c.youtube.com
    |d.youtube.com|e.youtube.com|f.youtube.com| g.youtube.com|h.youtube.com|i.youtube.com
    |j.youtube.com|l.youtube.com”|(facebook.com).*$

    Regexp merupakan scripting yang digunakan untuk menaikkan konten/situs yang akan di blok.

  4. Setting pada menu filter rules bersama dengan cara memilih ip> >firewall>>filter rules,pilih sinyal +. Pada menu general mengisi add chain=forward src-address=192.168.5.253 (pastikan terlebih dahulu source address udah didapat pada client berasal dari ISP. Cek di local area connection).
  5. Pada menu advance, isilah layer 7 protocols yang akan diblock.
  6. Pada menu action, pilihlah action “drop” sehingga nantinya web yang akan diblock selanjutnya akan didrop.
  7. Pada menu action, pilihlah action “drop” sehingga nantinya web yang akan diblock selanjutnya akan didrop.

Verifikasi Block Situs

Untuk memverifikasi bahwa web selanjutnya udah diblock, sanggup dijalankan dua cara yaitu terhubung web browser dan juga menggunakan cmd. Dalam hal ini pastikan koneksi nya memaang udah didalam tersambung ke internet.

  1. Lakukan Ping IP web yang udah diblokir tadi di cmd, kecuali dinyatakan “request time out” maka web sukses di blokir.
  2. Adapun cara yang lain untuk verifikasi bahwa web selanjutnya udah diblock bersama dengan memasukkan Ip address dan domain name web selanjutnya pada web browser. Dapat dilihat bahwa web youtube udah dinyatakan diblock.

Kesimpulan

Pada percobaan kali ini akan melaksanakan Cara Blokir Youtube Di Mikrotik poda web youtube.com untuk sebuah client. Sebelum melaksanakan pemblokiran pada web youtube.com, terlebih dahulu udah sukses menyebabkan sebuah jaringan menggunakan LAN dan udah beroleh ip client secara otomatis dan udah menyebabkan sebuah server. Dari percobaan yang udah dilakukan, sanggup diketahui bahwa didalam cara melaksanakan blokir web yaitu terdapat dua cara yaitu menggunakan layer 7 protocol dan firewall filter rules.

Pada layer 7 protocol sanggup diketahui bahwa Untuk memenuhi beberapa syarat ini layer 7 mesti diatur didalam chain Forward. Dapat dilihat bahwa bersama dengan menggunakan Regexp merupakan scripting yang digunakan untuk menaikkan konten/situs yang akan di blok. Setelah menyebabkan layer 7 protocols,langkah seterusnya akan dijalankan konfigurasi firewall untuk melaksanakan drop. Firewall filter rules pada winbox yang merupakan salah satu cara blokir web yang terdapat pada menu firewall>> filter rules.

Pada firewall rule akan melaksanakan drop pada web yang akan diblokir, bersama dengan cara memasukkan ip source address pada client dan juga layer 7 protocol (situs yang akan diblock). Dalam percobaan ini, web yang akan diblokir yaitu web www.youtube.com bersama dengan action drop .Setelah itu, maka web selanjutnya udah sanggup dialkukan pemblokiran. Hal ini sanggup dilihat disaat PC melaksanakan akses ke http://www.youtube.com pada web browser,yang hasilnya web selanjutnya udah tidak sanggup dibuka lagi.

Selain diverifikasi lewat web browser, cara verifikasi web selanjutnya udah diblokir sanggup dijalankan pada cmd bersama dengan melaksanakan ping ke alamat web tersebut.