Alat Musik Tradisional Sunda

 

Alat Musik Tradisional Sunda menaikkan keberagaman alat musik tradisional yang tersedia di Indonesia. Seperti yang kita ketahui Indonesia kaya bakal budaya dan suku, sehingga tak heran tiap area miliki alat musik bersama dengan keunikannya tersendiri, termasuk suku Sunda di Jawa Barat.

Ada begitu banyak ragam alat musik Sunda yang ada, tersedia yang terbuat berasal dari bambu dan bahan utama lainnya. Proses pembuatan dan langkah memainkannya termasuk beragam. Beragam alat musik tersebut kerap digunakan sebagai pengiring lagu maupun tarian.

Menurut peristiwa suku Sunda banyak miliki alat musik tradisional Jawa Barat, alat musik tersebut miliki ciri khas dan juga begitu banyak ragam kegunaan, bersama dengan proses pertumbuhan secara turun temurun.

Kali ini penulis bakal mengkaji macam macam alat musik Sunda beserta gambar dan langkah memainkannya, semoga bisa menaikkan wawasan kita berkaitan bersama dengan keberagam budaya di Indonesia.

Macam-Macam Alat Musik Sunda

Berikut ini macam macam alat musik Sunda yang menurut peristiwa pernah lahir di tanah Sunda dan lebih dari satu besar di antaranya tetap konsisten dipertahankan hingga sementara ini, gara-gara sesungguhnya telah semestinya kita melestarikan kebudayaan negeri tercinta.

1. Alat Musik Angklung

Pasti kebanyakan berasal dari penduduk Indonesia kenal bersama dengan alat musik yang satu ini, namanya angklung. Angklung jadi salah satu jenis alat musik bernada ganda (multitonal) yang berkembang di penduduk Sunda, Jawa Barat.

Alat musik angklung terbuat berasal dari bambu dan langkah memainkannya bersama dengan digoyangkan hingga membuahkan bunyi yang bergetar gara-gara benturan berasal dari badan pipa bambu yang tersusun dalam sebuah angklung tersebut.

Pembuatan alat musik angklung ini adalah bersama dengan memakai bambu yang dipotong sedemikian rupa hingga menyerupai pipa, lantas pipa pipa bambu tersebut diikat dalam suatu organ hingga jadi suatu bingkai.

Perlu diketahui satu perihal yang membanggakan berasal dari alat musik angklung ini adalah PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) melalui UNESCO (United Nations Educational, Scientific plus Cultural Organization) telah mengambil keputusan angklung sebagai alat musik asli Indonesia.

2. Alat Musik Calung

Alat musik lainnya yang berasal berasal dari tanah Sunda adalah calung. Sebenarnya calung merupakan purwarupa berasal dari angklung, tapi yang membedakan berasal dari keduanya adalah langkah memainkannya.

Apabila langkah memainkan angklung adalah bersama dengan menggoyangkannya, maka calung dimainkan bersama dengan dipukul. Tepatnya memukul batang bambu yang tersusun cocok laras nada terhadap alat musik calung tersebut.

Sama seperti angklung, calung termasuk dibikin berasal dari bambu, tapi bambu yang digunakan adalah berasal dari bambu hitam (awi wulung), dan lebih dari satu calung lain dibikin berasal dari bambu putih (awi temen).

Alat musik calung ini terbagi jadi dua jenis, yakni calung rantay dan calung jinjing. Calung jinjing jadi jenis calung yang tetap berkembang hingga sementara ini dan dikenal oleh khalayak ramai.

3. Alat Musik Celempung

Celempung terbuat berasal dari bambu gombong yang disempurnakan bersama dengan senar berasal dari sembilu bambu dan langkah memainkannya bersama dengan dipukul dan terhubung tutup ruas bagian atasnya.

Keunikan berasal dari alat musik celempung ini adalah nada yang dihasilkan terdengar seperti nada kendang dan nada gong bersama dengan memainkan tangan yang menutup ruas bagian atas.

Saat memainkan celempung kita butuh alat pemukul khusus, alat musik ini kerap digunakan dalam berbagai pertunjukan yang kebanyakan disempurnakan bersama dengan kacapi, suling, gong buyung, dan rebab.

Sama seperti alat musik berasal dari Sunda yang telah disebutkan sebelumnya, celempung termasuk terbuat berasal dari bambu, bersama dengan tambahan bahan utama kayu yang jadi bahan untuk sebabkan alat pemukul bersama dengan ujung yang dibalut kain atau beda tipis.

4. Alat Musik Kendang

Pasti kamu telah tak asing lagi bersama dengan alat musik berasal dari tanah Sunda yang satu ini, kendang. Kendang jadi salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang terkenal di Indonesia. Kerap digunakan dalam berbagai pertunjukan dan acara sebagai penghibur.

Selain di Jawa Barat, kendang termasuk termasuk dalam instrumen musik gamelan di Jawa Tengah. Bentuknya yang unik dan langkah memainkannya bersama dengan dipukul atau ditepak.

Kendang terlalu berfaedah sebagai pengatur irama, tempo, dan untuk memulai intro dan juga menghentikan sebuah lagu.
Biasanya dalam sebuah pertunjukan kendang khas Sunda terdiri berasal dari tiga kendang, yakni satu kendang indung dan dua kendang anak yang terdiri berasal dari ketipung dan kutiplak.

Tiap jenis berasal dari kendang Sunda ini dibedakan cocok fungsinya dalam iringan. Seperti kendang jaipongan, kendang keurseus, kendang kiliningan, kendang ketuk tilu, dan lain sebagainya.

5. Alat Musik Jengglong

Alat musik jenglong yang berasal berasal dari Jawa Barat ini miliki peran sebagai kerangka lagu dan sebagai pembuat nada dasar, dan langkah memainkannya bersama dengan dipukul memakai alat pemukul spesifik yang ujungnya terbuat berasal dari bahan dasar empuk.

Jenglong ini dibikin berasal dari bahan dasar perunggu, besi, atau kuningan. Sementara alat pemukul jenglong terbuat berasal dari kayu yang berupa lurus terhadap ujungnya dan juga dibalut bersama dengan rajutan benang wol yang empuk.

Jenglong tetap dalam satu keluarga bersama dengan bonang, saron, dan gong yang merupakan satu set dalam alat musik gamelan Jawa Barat.

6. Alat Musik Jentreng

Alat musik tradisional khas Sunda lainnya adalah jentreng. Alat musik ini sejenis bersama dengan kecapi tapi bersama dengan jumlah senar atau dawai sebanyak 7 buah bersama dengan ukuran jentreng yang lebih kecil dibanding kecapi terhadap umumnya.

Jentreng dibikin berasal dari bahan kayu kembang atau kenang atau bisa termasuk bersama dengan kayu nanga, dan langkah memainkannya bersama dengan dipetik memakai jari tangan.

Jari tangan yang digunakan untuk menuai jentreng ini adalah ibu jari untuk menuai nada tinggi, jari tengah, dan jari telunjuk tangan kiri yang digunakan untuk menyentuh nada rendah.

7. Alat Musik Rebab

Alat musik tradisional Sunda bernama rebab ini termasuk dikenal bersama dengan sebutan lengek, dan pemain yang memainkan rebab disebut ngalengek.

Menurut peristiwa rebab adalah salah satu instrumen yang perlu untuk menghiasi melodi dasar suatu nada. Ukuran berasal dari alat musik rebab ini terbilang lebih kecil dan miliki badan yang bulat dan juga leher panjang.

Rebab khas Sunda ini dibikin tegak dan juga disempurnakan bersama dengan busur untuk memainkannya termasuk lebih melengkung dibandingkan bersama dengan busur terhadap biola.

Rebab bersama dengan bentuk unik ini dan langkah memainkannya bersama dengan digesek. Mulanya rebab merupakan alat musik tradisional yang terbuat berasal dari tembaga dan juga miliki tiga buah senar atau dawai.

Tetapi lambat laun rebab seiring perkembangannya, rebab terbuat berasal dari bahan dasar kayu dan berupa seperti busur panah.

8. Alat Musik Suling

Suling termasuk masuk dalam alat musik tradisional khas suku Sunda, Jawa Barat. Alat musik suling yang dibikin berasal dari bahan dasar bambu ini berupa memanjang dan dilubangi hingga membuahkan bunyi yang merdu, dan langkah memainkannya bersama dengan ditiup.

Tepatnya meniup terhadap ujung alat musik sambil menutup lubang yang tersedia di bagian atasnya. Lubang yang tersedia terhadap suling berjumlah enam lubang dan tersedia pula yang empat lubang.

Suling Sunda ini miliki kegunaan sebagai pembawa melodi dan nada nada hiasan terhadap penyajian lagu atau dalam arti karawitan Sunda disebut uparengga suara.

9. Alat Musik Karinding

Ada keunikan berasal dari alat musik karinding khas Sunda ini, yakni tak sekedar sebagai alat musik tradisional, karinding termasuk biasa digunakan penduduk sebagai pengusir hama sawah.

Bentuknya yang unik dan langkah memainkannya serupa seperti suling, yakni ditiup. Karinding terdiri berasal dari empat macam nada yang kerap digunakan yakni gogondangan, iring iringan, tonggeret, dan rereogan.

Tak hanya kegunaannya yang unik, tapi termasuk nada yang dihasilkan. Dimana bunyi berasal dari karinding ini terdengar seperti serangga kecil, burung, atau biasa dikenal bersama dengan sebutan ultrasonik yang dipercaya bisa mengganggu pendengaran hama di sawah, itulah sebabnya salah satu kegunaannya adalah untuk mengusir hama di sawah.

Selain terbuat berasal dari bambu, tersedia pula karinding yang dibikin berasal dari pelepah pohon aren. Dimana pemain perempuan yang bakal memakai karinding berasal dari bambu, dan pemain laki laki bakal memakai karinding berasal dari pelepah pohon aren.

10. Alat Musik Tarawangsa

Alat musik tradisional khas Sunda lainnya adalah tarawangsa. Bentuknya unik dan langkah memainkannya bersama dengan digesek. Menurut sejarah, tarawangsa telah lebih pernah tersedia sebelum saat alat musik rebab.

Berdasarkan naskah kuno Sewaka Darma tarawangsa telah tersedia sejak awal abad ke 18. Sebutan lain untuk tarawangsa ini adalah rebab jangkung, gara-gara bentuk fisiknya yang serupa tapi bersama dengan ukuran yang lebih tinggi dibanding rebab.

Tarawangsa miliki dua dawai yang terbuat berasal dari kawat baja atau besi, sementara memainkannya yang digesek oleh pemain hanya satu dawai saja yakni yang letaknya paling dekat bersama dengan pemain.

Sedangkan dawai lainnya dimainkan bersama dengan langkah dipetik memakai jari telunjuk sebelah kiri. Nama tarawangsa tak hanya digunakan untuk menyebut alat musik jenis ini, tapi termasuk sebagai nama sebuah kesenian musik.

11. Alat Musik Kecapi

Kacapi termasuk masuk dalam alat musik tradisional Jawa Barat. Pada dasarnya arti kacapi dalam bhs Sunda merujuk terhadap tanaman sentul. Kayu berasal dari tanaman sentul inilah yang digunakan untuk sebabkan alat musik tradisional kacapi Sunda ini.

Berdasarkan bentuknya, kacapi terbagi jadi dua jenis. Yakni kacapi parahu dan kacapi siter. Kedua jenis kacapi ini miliki tiap dawai yang diikat terhadap sekrup kecil di bagian kanan atas kotak.

Dalam tembang Sunda kacapi miliki guna penting, secara fungsinya kacapi terbagi jadi dua yakni kacapi induk dan kacapi anak.

Kacapi induk miliki peran untuk memulai musik dan memilih tempo, kacapi yang digunakan miliki 18 hingga 20 buah dawai atau senar.

Sementara kacapi anak miliki peran sebagai pengiring musik bersama dengan frekuensi tinggi, dawai atau senar yang digunakan lebih sedikit yakni hanya 15 buah.

Alat musik Sunda tersedia berbagai macam, lebih dari satu besar alat musik tradisional Sunda ini terbuat berasal dari bambu, bahan logam seperti tembaga, perunggu, dan kuningan.

Proses pembuatannya termasuk begitu banyak ragam dan langkah memainkannya tersedia yang dipetik, dipukul, digoyangkan hingga digesek. Alat musik Sunda jadi ciri khas penduduk Sunda Jawa Barat dan menaikkan keberagaman budaya di Indonesia.